1.
Fungsi pemahaman
·
Pemahaman tentang diri peserta didik sendiri
terutama oleh peserta didik sendiri, orang tua, guru pada umumnya dan guru
pembimbing.
·
Pemahaman tentang lingkungan peserta didik
termasuk dalam lingkungan keluarga dan sekolah terutama oleh peserta didik
sendiri, orang tua, guru pada umumnya dan guru pembimbing.
·
Pemahaman tentang lingkungan yang lebih luas
(termasuk didalamnya informasi pendidikan, informasi jabatan, perkerjaan dan
informasi social dan budaya atau nilai-nilai) terutama oleh peserta didik.
2.
Fungsi pencegahan
fungsi
bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pencegahannya atau terhindarnya
peserta didik dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul yang akan dapat
menggangu, menghambat ataupun menimbulkan kesulitan kurugian-kerugian tertentu
dalam proses perkembangannya
3.
Fungsi pengentasan
Melalui fungsi pengentasan ini
pelayan bimbingan dan konseling dapat mengatasi berbagai masalah yang dialami
oleh peserta didik.
4.
Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Adalah fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan terpeliharanya
dan terkembangnya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam
rangka perkembangan dirinya secara terarah mantap dan berkelanjutan.
5.
Fungsi Advokasi
Fungsi advokasi yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan
teradvokasi atau pembelaan terhadap peserta didik dalam rangka upaya
pengembangan seluruh potensi secara optimal.
No comments:
Post a Comment